MET JUMPA SEMUANYA .....

Teman-teman praktisi pendidikan, pengamat, pengawas, siswa-siswi, dan orang tua yang peduli pendidikan. Mari bersama-sama untuk saling berbagi informasi melalui blog ini, sebab dengan desentralisasi pendidikan yang berlangsung saat ini semua informasi tentang pendidikan tidak mungkin kita harus menunggu petunjuk dari pusat. Kita harus berupaya untuk mencari informasi bahkan memutakhirkan informasi.
Salam

Rabu, 06 Oktober 2010

Ujian nasional lagi

Sekarang sudah bulan oktober 2010, kira-kira enam bulan lagi siswa-siswi seluruh indonesia akan menghadapi ujian nasional lagi. Ini jika diasumsikan ujian nasional tahun 2011 akan dihelat pada April 2011.

Nah! tidak perlu risau dan stress, kapanpun ujian nasional dilaksanakan sekolah, guru, siswa harus selalu siap.

Ada tip buat para guru untuk mempersiapkan siswanya menghadapi ujian nasional, selain yang sudah sering dilakukan di sekolah (les privat, tambahan jam, beli buku soal-soal, bentuk kelompok belajar, try out, dan lainnya sampai do'a dan istighosah). Tip yang dapat dilakukan adalah membiasakan siwa dengan mengerjakan soal-soal yang kualitasnya saman dengan soal-soal ujian nasioanal pada saat ulangan harian. Jadi saat guru melaksanakan ulangan harian atau ulangan tengah semester dan semester, soal yang dibuat dapat berbentuk pilihan ganda dan uraian. untuk soal pilihan ganda harus disusun sedemikian rupa hingga kualitasnya paling tidak setara dengan soal-soal ujian nasional.

Untuk membuat soal yang berkualitas bagus harus melalui tahapan yang benar mulai dari membuat kisi-kisi sampai telaah soal (bisa dipelajari pedoman penyusunan soal pilihan ganda yang diterbitkan balitbang).

Beberapa penekanan yang perlu diketahui guru adalah:
1. menyusun indikator soal sebaiknya menggunakan pedoman ABCD (Audience, Behaviour, Condition, Degree)
2. lakukan analisis kualitatif (sebelum soal digunakan) dengan mengacu kaidah konstruksi, materi, dan bahasa)
3. lakukan analisis kuantitatif (setelah soal digunakan) dengan software yang anda kuasai (iteman, spss, dll)

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
probolinggo, jawa timur, Indonesia
guru matematika SMP di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Mulai 1984 s.d 2000. saat ini sebagai pengawas Dikmen Dinas Pendidikan Kab. Probolinggo. Pernah bergabung sebagai fasilitator MBS dan Pakem di MBE, Master Trainer di MGPBE, Dan Master Trainer Paruh Waktu di WVI-ADP Port Numbay Jayapura. juga Wahana Visi Indonesia di Pontianak, Singkawang, Sanggau

keluarga

keluarga
nio, adik, dan mama