MET JUMPA SEMUANYA .....

Teman-teman praktisi pendidikan, pengamat, pengawas, siswa-siswi, dan orang tua yang peduli pendidikan. Mari bersama-sama untuk saling berbagi informasi melalui blog ini, sebab dengan desentralisasi pendidikan yang berlangsung saat ini semua informasi tentang pendidikan tidak mungkin kita harus menunggu petunjuk dari pusat. Kita harus berupaya untuk mencari informasi bahkan memutakhirkan informasi.
Salam

Senin, 27 September 2010

Meninggalkan ceramah

Masih sering kita lihat pembelajaran di sekolah-sekolah menggunakan metode ceramah total mulai jam 1 sampai jam terakhir guru ceramah dan terus ceramah. Jam pertama-kedua guru PPKn ceramah, jam ketiga-empat guru biologi ceramah, jam lima-enam gurun geografi ceramah, bah jam terakhir tujuh-delapan juga ceramah lagi. Alangkah tersiksanya siswa-siswa yang mendapat pelayanan pembelajaran seperti itu. bukan hanya sehari dua hari tapi berminggu-minggu bahkan berbulan. Bahkan mungkin bertahun-tahun.

Bagaimana mengatasinya?
Ada cara mudah bagi guru untuk memulai meninggalkan ceramah yaitu sebelum melaksanakan pembelajaran harus jelas merumuskan tujuan pembelajaran.
Tujuan pembelajaran bukan hanya memuat hasil tapi juga prosesnya (lihat standar proses/permendiknas no. 41 tahun 2007)

contoh tujuan yang belum ada prosesnya:
setelah pembelajaran siswa dapat membuat barisan bilangan, menyatakan polanya, dan menulis tiga suku berikutnya.

contoh tujuan yang sudah ada prosesnya:
melalui eksplorasi bilangan pada kalender siswa dapat membuat barisan bilangan, menyatakan polanya, dan menulis tiga suku berikutnya.

Dengan menuliskan proses seperti itu sudah tergambarkan proses yang dilakukan siswa, jika tidak ada proses guru cenderung untuk menjelaskan (ceramah)

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
probolinggo, jawa timur, Indonesia
guru matematika SMP di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Mulai 1984 s.d 2000. saat ini sebagai pengawas Dikmen Dinas Pendidikan Kab. Probolinggo. Pernah bergabung sebagai fasilitator MBS dan Pakem di MBE, Master Trainer di MGPBE, Dan Master Trainer Paruh Waktu di WVI-ADP Port Numbay Jayapura. juga Wahana Visi Indonesia di Pontianak, Singkawang, Sanggau

keluarga

keluarga
nio, adik, dan mama