MET JUMPA SEMUANYA .....

Teman-teman praktisi pendidikan, pengamat, pengawas, siswa-siswi, dan orang tua yang peduli pendidikan. Mari bersama-sama untuk saling berbagi informasi melalui blog ini, sebab dengan desentralisasi pendidikan yang berlangsung saat ini semua informasi tentang pendidikan tidak mungkin kita harus menunggu petunjuk dari pusat. Kita harus berupaya untuk mencari informasi bahkan memutakhirkan informasi.
Salam

Selasa, 27 Januari 2009

RPP Kontekstual

Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40’


Standar Kompetensi
Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku

Indikator:
· Membuat beberapa bentuk segitiga dalam berbagai ukuran
· Menggunakan segitiga dengan panjang sisi 3 m, 4 m, dan 5 m untuk menyelesaikan masalah
· Membuat sketsa (gambar) segitiga siku-siku yang dibubuhi ukuran sisi-sisinya sesuai dengan kaidah Pythagoras

Tujuan:
Melalui percobaan (out door) siwa dapat menemukan tripel pythagoras (3, 4, dan 5) dan membuat sketsa segitiga siku-siku sesuai kaidah pythagoras
Media:
· Halaman sekolah atau lapangan

Alat dan Bahan:
· Benang, paku, spidol, kertas plano, dan meteran

Tahap-tahap kegiatan

Kegiatan
Waktu
Sumber / Alat /Bahan
Persiapan:
· Siapkan alat-alat, setiap kelompok menerima satu gulung benang, meteran dan empat buah paku



Spidol dan kertas plano

Kegiatan awal
· Guru menanyakan kepada siswa apa yang diketahui tentang teori Pythagoras
· Guru mencatat hal-hal yang disampaikan siswa di papan tulis
· Guru menginformasikan kepada siswa bahwa mereka akan melakukan kegiatan di luar kelas dan terkait dengan teori Pythagoras

10 menit


Kegiatan Inti

PERTAMA
· Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa
· Setiap kelompok memilih seorang ketua.
· Ketua kelompok membagi tugas, ada yang menyiapakan alat, mengukur dan mengikat benang dengan paku, menancapkan di tanah, dan membuat gambar atau sketsa hasil-hasil
· Guru mengajukan masalah: “ada seorang tukang batu yang akan membuat pondasi bangunan rumah. Ia ingin pondasi tersebut benar-benar siku (tegak lurus) dan ia hanya punya benang, paku, meteran dan penggaris siku”. Dapatkah anak-anak membantu tukang batu tersebut?
· Setiap kelompok diberi kesempatan untuk menemukan cara memperoleh bentuk pondasi yang siku (dilakukan di luar kelas). Yang dilakukan kelompok adalah mencoba-coba membuat segitiga dari benang dengan ukuran-ukuran yang bervariasi sampai ditemukan yang paling tepat
· Guru mengamati kerja kelompok dan mengingatkan bahwa hasil-hasil yang diperoleh harus dicatat dan mengingatkan waktu yang tersedia untuk menyelesaikan tugas
· Setelah selesai, kembali ke kelas, kelompok memeriksa lagi temuannya. Apakah hasil itu sudah sesuai dengan teori Pythagoras
· Guru dan siswa membahas bagaimana menentukan sisi-sisi segitiga siku-siku dengan teori Pythagoras




40 menit

1.benang, paku dan meteran
2. spidol dan kertas plano
KEDUA
Setiap individu membuat gambar-gambar (sketsa) segitiga siku-siku beserta ukurannya sesuai dengan kaidah teori Pythagoras.
Hasil setiap individu kemudian didiskusikan dalam kelompok, dan selanjutnya didiskusikan dalam pleno/kelas.


20
menit


Kegiatan akhir
Siswa menulis refleksi pembelajaran hari ini. Apa yang telah diperoleh,apa yang menyenangkan dan apa yang masih dianggap sulit


5 menit


Penilaian
· produk (hasil kelompok maupun individu)
· pengamatan terhadap perilaku anak pada saat melakukan kerjasama di luar kelas (pengamatan terfokus)


5 menit

1 komentar:

jsuwarno mengatakan...

sharing pak...

kl saya biasanya mengajarkan teorema pythagoras dengan pembuktian pak, beberapa contoh saya dapatkan disini http://www.cut-the-knot.org/pythagoras/index.shtml

anak2 saya suruh untuk membuat potongan2 tux puzzel menggunakan mika sampul, terus presentasi menggunakan OHP

makasih, semoga nyambung apa yang saya maksud.

monggo mampir teng http://jsuwarno.blogspot.com

Mengenai Saya

Foto saya
probolinggo, jawa timur, Indonesia
guru matematika SMP di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Mulai 1984 s.d 2000. saat ini sebagai pengawas Dikmen Dinas Pendidikan Kab. Probolinggo. Pernah bergabung sebagai fasilitator MBS dan Pakem di MBE, Master Trainer di MGPBE, Dan Master Trainer Paruh Waktu di WVI-ADP Port Numbay Jayapura. juga Wahana Visi Indonesia di Pontianak, Singkawang, Sanggau

keluarga

keluarga
nio, adik, dan mama