teman-teman guru ini sebuah contoh penegmbangan silabus matematika kontekstual
SILABUS
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
KD | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/ Alat |
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel 3.2 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel 3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana 3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah | Persamaan dan Pertidaksamaan linear satu variabel Perbandingan | Membuat model-model persamaan/pertidaksamaan linier satu variabel untuk dicari solusinya (misal seseorang mandi 15 gayungan air menghabiskan 22,5 liter air. Berapa volum gayung?) Membuat tabel hubungan antara banyak orang mandi dan banyak air yang digunakan untuk belajar perbandingan senilai Membuat tabel hubungan antara waktu dan debit air yang bocor untuk belajar perbandingan senilai dan grafiknya Membuat tabel hubungan antara banyak pekerja dan waktu yang diperlukan membuat bak mandi untuk belajar perbandingan berbalik nilai | 1. Mampu menulis model matematika 2. Mampu membedakan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel 3. Mampu menyelesaikan persamaan linear satu variabel 4. Mampu menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel 5. Diberikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel siswa dapat menyelesaikannya 6. Diberikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel siswa dapat menyelesaikannya 7. Mampu membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai 8. Diberikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan senilai siwa mampu menyelesaikannnya. 9. Diberikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai siwa mampu menyelesaikannnya | Produk siswa saat pembelajaran Tes tulis bentuk uraian Observasi terfokus dalam diskusi kelompok | 4 x 40’ 4 x 40’ | Sumber belajar: pengalaman pribadi (Mandi), buku yang relevan Bahan/Alat: gambar peralatan yang ada di kamar mandi, botol aqua bekas, air, lembar kerja |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar